Si Kecil Alami Ruam Popok, Atasi dengan Bahan Rekomendasi Sehat.com Ini!

  • Whatsapp

si-kecil-alami-ruam-popok-atasi-dengan-bahan-rekomendasi-sehat-com-ini

Sama seperti orang dewasa, bayi cenderung tidak nyaman saat memakai popok basah. Pemakaian popok yang basah dan kotor dalam waktu lama rentan menimbulkan masalah kesehatan pada bayi. Selain bisa menimbulkan masalah infeksi saluran kemih, bayi bisa mengalami ruam popok. Bayi bisa menjadi lebih rewel dan menangis karena kondisi kulit merah dan gatal. Anda bisa mengatasi masalah ruam popok dengan bahan alami dilansir SehatQ.com berikut!

Read More

5 bahan yang bisa mengatasi ruam popok pada bayi

Kalau bayi Anda mengalami masalah ruam popok yang ditandai dengan kulit kemerahan dan gatal, sebaiknya segera melakukan perawatan ruam popok di rumah. Berikut 5 bahan alami yang bisa mengatasi ruam popok antara lain:

1. ASI

Ada cara paling sederhana untuk mengatasi ruam popok pada bayi yaitu ASI. Anda hanya perlu mengoleskan ASI untuk ke area ruam, biarkan kering dan tidak perlu membilas dengan air.

2. Minyak kelapa

Kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa bisa membantu kulit bayi menjadi lebih lembut. Cukup oleskan minyak kelapa setidaknya 2-3 kali setiap hari hingga ruam popok benar-benar sembuh. Untuk mengantisipasi risiko alergi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau gunakan direktori obat SehatQ untuk informasi obat ruam popok yang aman dan tidak memicu reaksi alergi.

3. Soda kue

Bahan yang biasa ditemukan di dapur rumah Anda ternyata bisa mengatasi masalah ruam popok. Caranya tambahkan dua sendok soda kue ke dalam empat cangkir air hangat. Gunakan campuran bahan untuk membersihkan area ruam dengan lap atau kain katun lembut yang bersih.

4. Yoghurt

Yoghurt memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk mengatasi masalah infeksi jamur dan mikroba. Sifat antiinflamasi dan prebiotik alami bisa meredakan rasa gatal karena ruam popok. Cukup oleskan yoghurt pada bagian yang terluka secara rutin dan lihat perkembangan kulit si kecil. Jika bayi sudah lebih besar dan mengkonsumsi makanan, Anda bisa memberikan sedikit yoghurt tanpa tambahan rasa.

5. Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki tekstur lengket yang biasa digunakan untuk menyembuhkan iritasi kulit atau mengatasi masalah rambut. Anda bisa menggunakan sedikit gel lidah buaya yang bisa dioleskan pada kulit bayi. Sifat antimikroba pada lidah buaya bisa berfungsi menyembuhkan luka iritasi si kecil dengan cepat. Gunakan 2-3 kali sehari sampai ruam popok bayi benar-benar sembuh.

Agar bayi tidak mengalami masalah ruam popok, sebaiknya orangtua rajin mengganti popok bayi yang basah atau setelah buang feses. Tentu usia bayi sangat mempengaruhi intensitas buang air kecil sehingga Anda harus rajin mengganti popok dalam hitungan jam saja. Bersihkan bagian vital si kecil dengan benar agar bakteri dari anus tidak berpindah ke kelamin si kecil.

Menjaga kebersihan bagian vital dengan baik bisa mencegah risiko ruam popok bayi. Sebaiknya Anda menghindari kebiasaan menaburkan bedak pada bagian vital setelah membersihkan popok. Pasalnya, bedak bisa memicu reaksi ruam serta memberikan dampak serius pada saluran kemih buah hati tercinta. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait penanganan ruam popok, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis di SehatQ.com, ya!


Cek
direktori obat SehatQ untuk informasi obat yang ampuh mengatasi ruam popok bayi. Obat yang legal, aman dan berdasarkan anjuran dokter bisa mengatasi masalah ruam popok tanpa efek samping. Tidak perlu pergi ke toko obat, Anda bisa langsung menebus resep secara online saja. Pesanan Anda akan dikirim ke rumah yang lebih praktis dan hemat biaya, lho!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *