KesehatanReview

Sebelum Menggunakan Kalkulator Kehamilan, Pahami Dulu Kunci Utamanya

Kehamilan adalah salah satu kabar yang membahagiakan bagi pasangan yang telah menikah. Sebab, kehidupan mereka akan lebih berwarna dengan kehadiran si kecil lucu nan menggemaskan. Tidak heran apabila banyak yang mempersiapkannya dengan baik salah satunya memanfaatkan kalkulator kehamilan. Bagi yang masih awam, berikut 4 hal yang penting diketahui sebelum benar-benar menggunakannya.

4 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kalkulator Kehamilan

  •  Digunakan untuk menghitung perkiraan waktu kelahiran

Fungsi utama dari kalkulator kehamilan adalah membantu para calon ibu untuk mengetahui HPL atau Hari Perkiraan Lahir. Walaupun masih perkiraan, namun setidaknya mereka memiliki acuan sehingga akan lebih siap dalam mempersiapkan kelahiran. Selain itu, cara ini cukup mudah dan dapat dilakukan secara mandiri. Hanya saja, tetap konsultasikan HPL kepada dokter kandungan.

  •  Digunakan untuk menghitung usia kehamilan

Tidak hanya informasi mengenai HPL, kalkulator kehamilan juga dapat menampilkan usia kehamilan. Selain itu, perkembangan janin dari minggu ke minggu dapat dibaca oleh para calon ibu untuk lebih memahami gerak gerik si kecil di dalam perut. Perkembangan yang ditampilkan seperti berat janin, panjang janin, dan perkembangan organ tubuh. Mengasyikkan, bukan?

Para calon ibu seakan memiliki jurnal kehidupan si kecil sehingga dapat meningkatkan bonding. Selain itu, agar semakin mendapat referensi yang lengkap dapat juga dipadukan dengan aplikasi seputar kehamilan. Aplikasi tersebut tersedia gratis di Play Store dan dengan mudah dapat dipasang di smartphone. Namun, pastikan memilih aplikasi yang memiliki kredibilitas baik.

  •  Mengandalkan siklus menstruasi terakhir

Menggunakan kalkulator kehamilan memang sangat praktis. Namun, para calon ibu harus mengetahui dengan pasti mengenai kapan periode haid terakhir, dan siklus haid yang akhir-akhir ini dialami. Sebab, dua data tersebut sangat penting untuk menentukan hasil penghitungan. Semakin akurat data yang dimasukkan, maka perkiraan HPL dan lain sebagainya akan lebih mendekati.

  •  Informasi yang diberikan tidak semua sama

Para calon ibu dapat mengakses kalkulator kehamilan di internet secara gratis. Selain itu, alternatif lain adalah memasang aplikasi seputar kehamilan di smartphone agar lebih terpantau. Hanya saja, perlu memilih mana kalkulator kehamilan yang dirasa lengkap karena ada kalkulator kehamilan yang hanya menampilkan HPL tanpa informasi tambahan lain. Semakin lengkap maka semakin bagus.

Terutama bagi ibu muda yang hamil anak pertama. Menggunakan kalkulator kehamilan yang memiliki fitur lengkap lebih diutamakan. Para calon ibu tersebut akan memperoleh banyak informasi mengenai perkembangan janin dari minggu sehingga dapat mempersiapkan mental untuk menghadapinya. Selain itu, penanda periode trimester kehamilan juga akan membuat para calon ibu lebih siap menyikapi gejala yang muncul.

Jadi, kunci untuk menggunakan kalkulator kehamilan agar mendapatkan hasil penghitungan yang cukup akurat adalah mengetahui waktu haid terakhir. Apabila tidak mengetahui secara pasti, maka sebaiknya lakukan USG saja agar informasi mengenai HPL lebih meyakinkan. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan sehingga mendapatkan wawasan mengenai perkembangan janin tiap minggu.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close